Widget HTML Atas

Soal dan Jawaban Ayo Kita berlatih 5.2 SPLDV dengan Metode Grafik

Soal dan Jawaban Ayo Kita berlatih 5.2 SPLDV dengan Metode Grafik Matematika Kelas 8.~ m4thguru.info, assalamualaikum Wr Wb, Salam Sejahtera untuk kita semua, kali ini kkaktri akan postingan lagi tentang soal dan kunci Jawaban Soal Ayo kita Berlatih Matematika kelas 8 yang diambil dari buku paket matematika kurikulum 2013 revisi 2018. untuk soal kali ini tentang memahami Kesebangunan, soal ada di halaman 213-214 buku matematika kelas 8 Bab 5 tentang PLDV (persamaan Linear Dua Variabel). untuk jawaban kkaktri sendiri yang menjawab dan sengaja di share sebagai bahan evaluasi adikadik setelah mengerjakan soal tersebut.
Soal dan Jawaban Ayo Kita berlatih 5.2 SPLDV dengan Metode Grafik

Soal dan Jawaban Ayo Kita Berlatih 5.1 Konsep Persamaan Linear Dua Variabel Matematika Kelas 8

Ayo kita berlatih 5.2 Hal 214-215
1. Gunakan tabel untuk menentukan titik impas(break event point) dari persamaan berikut
A. C = 15x + 150
P = 45x
B. C = 24x + 80
P = 44x
C. C = 36x + 200
P = 76x
Jawaban :
Dari perhitungan yang telah dimuat pada tabel terlampir, diperoleh kondisi titik impas sebagai berikut:
a. Saat C = P = 225, nilai x = 5, atau dengan koordinat (5, 225)
b. Saat C = P = 176, nilai x = 4, atau dengan koordinat (4, 176)
c. Saat C = P = 380, nilai x = 5, atau dengan koordinat (5,380)

2. Pasangkan dua sistem persamaan berikut dengan tiga grafik A, B, atau C dibawahnya. Kemudian gunakan grafik untuk memperkirakan selesaiannya.

A. Y= 1.5x - 2
Y= -x + 13
B. Y= x + 4
Y= 3x – 1
Jawaban :
 a. y = 1.5x - 2  dan y = -x + 13
      x = 0 → y = 1.5 (0) - 2  = -2
                  titik (0 , -2)
      y = 1 → y = 1.5x - 2
                  1 = 1.5 x - 2
            -1.5 x = -3
                   x = -3/-1.5 = 2
                titik (2 , 1)
     x = 0 → y = -x + 13 = - 0 + 13 = 13
                titik (0 , 13)
    y = 0 → y = -x + 13
                0 = -x + 13
                x = 13
               titik (13 , 0)
persilangan dari persamaan y = 1.5x - 2 dan y = -x + 13 tersebut berada di titik (6 , 7) yang bersesuaian dengan grafik B.

B. persamaan garis y = x + 4
jika x = 0 , maka y = x + 4
 y = 0 + 4
                           y = 4
                titik (0 , 4)

jika y = 0 , maka y = x + 4
                           0 = x + 4
                          -x = 4
                           x = -4
                 titik (-4 , 0)

Persamaan garis y = 3x - 1
jika x = 0 , maka y = 3x - 1
                           y = 3 (0) - 1
                           y = -1
                  titik (0 , -1)

jika y = 2 , maka y = 3x - 1
                           2 = 3x - 1
                        -3x = -1 - 2
                        -3x = -3
                            x = -3 / -3
                            x = 1
                 titik (1 , 2)

persilangan dari persamaan  y = x + 4dan y = 3x - 13 tersebut berada di titik (2.5 , 6.5)

3. Tentukan selesaian dari sistem persamaan linear berikut dengan menggunakan grafik.
A.y=2x+9
Y=6-X
B.y=-x-4
Y=3/5x+4
C=y=2x+5
Y=1/2x-1
D=x-y=7
0,5+y=5
Jawaban :
a. Diketahui sistem persamaan
y = 2x + 9
y = -x + 6
Dengan
$\frac{a}{c}\neq\frac{b}{d}$
$\frac{2}{-1}\neq\frac{1}{1}$
-2 $\neq$ 1
Perhatikan gambar pada lampiran 1
Jadi Sistem persamaan tersebut berpotongan pada titik yaitu : {-1,7}

b. Diketahui sistem persamaan
y = -x - 4
y = x + 4
Dengan
$\frac{a}{c}\neq\frac{b}{d}$
$\frac{-1}{1}\neq\frac{1}{1}$
-1 $\neq$ 1
Perhatikan gambar pada lampiran 2
Jadi Sistem persamaan tersebut berpotongan pada titik yaitu : {-5,1}

c. Diketahui sistem persamaan
y = 2x + 5
y = 1/2x -1
Dengan
$\frac{a}{c}\neq\frac{b}{d}$
$\frac{2}{\frac{1}{2}}\neq\frac{1}{1}$
4 $\neq$ 1
Perhatikan gambar pada lampiran 3
Jadi Sistem persamaan tersebut berpotongan pada titik yaitu : {-4,-3}

d. Diketahui sistem persamaan
x – y = 7 ---> y = x - 7
0,5x + y = 5 ---> y = -0,5x + 5
Dengan
$\frac{a}{c}\neq\frac{b}{d}$
$\frac{1}{0,5}\neq\frac{1}{1}$
2 $\neq$ 1
Perhatikan gambar pada lampiran 4
Jadi Sistem persamaan tersebut berpotongan pada titik yaitu : {8,1}

Lampiran Gambar :



4. Biaya untuk merawat serta perbaikan kuda dan kereta dinyatakan dalam prsamaan, C = 15.000x + 2.000.000, dimana x adaah banyaknya berkeliling. jika ongkos untuk satu kali naik berkeliling kota adalah 35.000.
a. Tentukan persamaan pendapatan yang diperoleh pemilik kereta kuda
b. berapa kali kereta berkeliling kota supaya memperoleh break even point.
Jawaban :
a)35000x-(15000x+2000000)
b)35000x=15000x+2000000
35000x-15000x=2000000
20000x=2000000
x=2000000/20000
x=100 kali


5. sebagai latihan menghadapi uas, kalian mendapatan tugas matematika dan ipa untuk dikerjakan di rumah sebanyak 42 soal. tugas matematika yag kalian peroleh 10 soal lebih banayk daripada soal IPA. berapa banyak soal untuk setiap mata pelajaran ? gunakan sistem persamaan linier
Jawaban :
Pada soal diketahui tugas matematika yag kalian peroleh 10 soal lebih banyak daripada soal IPA
x = 10 + y

Tugas matematika dan IPA untuk dikerjakan di rumah sebanyak 42 soal.
x + y = 42

Subsititusikan (x = 10 + y) ke persamaan (x + y = 42)
x + y = 42
(10 + y) + y = 42
10 + 2y = 42
2y = 42 – 10
2y = 32
y = 32/2
y = 16

Substitusikan y = 16 ke persamaan (x = 10 + y)
x = 10 + y
x = 10 + 16
x = 26